Komputer Grafik : Chapter 03 – Graphical User Interface




Kamu mungkin sudah pernah mendengar user interface secara umum dan pentingnya dalam memudahkan interaksi pengguna dengan komputer. Nah, ternyata, salah satunya adalah graphical user interface (GUI).

Dalam kesempatan ini, Glints akan menjelaskan padamu secara mendetail tentang graphical user interface. Pasalnya, tipe user interface ini merupakan standar dari pengembangan antarmuka pengguna lainnya yang ada sekarang.

Tanpa disadari, pasti kamu juga telah menggunakannya. Bahkan, GUI selalu ada ketika kita menggunakan PC, smartphone, dan perangkat lainnya, lho.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak penjelasannya! 

Apa itu Graphical User Interface?

Graphical User Interface, dikembangkan pada akhir tahun 1970-an oleh laboratorium penelitian Xerox Palo Alto dan digunakan secara komersial di sistem operasi Apple Macintosh dan Microsoft Windows, dirancang sebagai tanggapan terhadap masalah kegunaan yang tidak efisien pada antarmuka baris perintah awal berbasis teks. untuk pengguna rata-rata.

Graphical User Interface akan menjadi standar desain yang berpusat pada pengguna dalam pemrograman aplikasi perangkat lunak, memberikan pengguna kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan perangkat elektronik lainnya secara intuitif melalui manipulasi langsung ikon grafis seperti tombol, bilah gulir, jendela, tab, menu, kursor , dan perangkat penunjuk mouse. Banyak Graphical User Interface modern memiliki fitur layar sentuh dan kemampuan interaksi perintah suara.

Cara Kerja Graphical User Interface



Prinsip desain Graphical User Interface sesuai dengan pola perangkat lunak model-view-controller, yang memisahkan representasi internal informasi dari cara informasi disajikan kepada pengguna, menghasilkan platform di mana pengguna ditunjukkan fungsi mana yang mungkin daripada memerlukan masukan kode perintah. Pengguna berinteraksi dengan informasi dengan memanipulasi widget visual, yang dirancang untuk merespons sesuai dengan jenis data yang mereka pegang dan mendukung tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas pengguna.

Penampilan sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi dapat didesain ulang sesuai keinginan karena sifat Graphical User Interface yang independen dari fungsi aplikasi. Aplikasi biasanya mengimplementasikan elemen tampilan Graphical User Interface unik mereka sendiri selain elemen Graphical User Interface yang sudah ada pada sistem operasi yang ada. Sebuah Graphical User Interface yang khas juga mencakup format standar untuk mewakili grafis dan teks, sehingga memungkinkan untuk berbagi data antara aplikasi yang berjalan di bawah perangkat lunak desain Graphical User Interface umum.

Pengujian Graphical User Interface mengacu pada proses sistematis menghasilkan kasus uji untuk mengevaluasi fungsionalitas sistem dan elemen desainnya. Alat pengujian Graphical User Interface , yang manual atau otomatis dan biasanya diterapkan oleh operator pihak ketiga, di bawah ini tersedia berbagai lisensi dan didukung oleh berbagai platform. Contoh : Tricentis Tosca, Squish GUI Tester, Unified Functional Testing (UFT), Maveryx, Appium, dan eggPlant Functional. 

Contoh Antarmuka Pengguna Grafis

Sketchpad, diyakini sebagai program desain berbantuan komputer grafis pertama yang dikembangkan pada tahun 1962 oleh Ivan Sutherland saat dia berada di MIT, dan terdiri dari pena ringan yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memanipulasi objek dalam gambar teknik secara nyata.

Sistem operasi modern dan Graphical User Interface digabungkan ke dalam hampir setiap aplikasi interaktif, seperti ATM, checkout swalayan, tiket mandiri dan check-in maskapai, video game, smartphone, dan desktop. Beberapa contoh antarmuka pengguna grafis modern yang populer termasuk Microsoft Windows, macOS, Ubuntu Unity, dan GNOME Shell untuk lingkungan desktop, dan Android, iOS Apple, BlackBerry OS, Windows 10 Mobile, Palm OS-WebOS, dan Firefox OS untuk ponsel cerdas.

Di bawah ini merupakan Contoh komponen dari Graphical User Interface yang paling banyak di gunakan.

Windows


Graphical User Interface di Windows mempunya komponen yang cukup beragam. Pada kesesmpatan kali ini kita akan membahas tampilan desktop saja.

1. Taskbar

Taskbar adalah komponen GUI yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan shortcut software, widget dan masih banyak lagi. Letak taskbar bawaannya ada di bagian bawah Windows. Selain itu, kalau Anda melakukan klik kanan pada taskbar, maka akan muncul menu lain.

2. Icon

Icon di Windows berfungsi sebagai shortcut software. Yaitu untuk pemintas agar kita bisa membuka suatu aplikasi dengan cepat

3. Widget

Widget pada GUI Windows, berfungsi untuk memperkaya fitur sistem. Misalnya untuk melihat tampilan cuaca, penggunaan CPU, dan masih banyak lagi.

4. Notification

Sesuai namanya, komponen ini berfungsi untuk menampilkan notifikasi yang ada di sistem operasi. Misalnya notifikasi update, WiFi terhubung dan lain-lain. Untuk letaknya, biasanya komponen notifikasi ada di bagian taskbar sebelah kanan.

Android


Android sama seperti Windows, merupakan sistem yang mengusung GUI. Bedanya, Android lebih dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh. Berikut contoh komponennya:


1. Menu Bar

Komponen ini berfungsi untuk menyimpan fitur-fitur yang ada di Android. Misalnya fitur untuk mengaktifkan koneksi, menghidupkan Flight Mode dan lain-lain.

2. Icon

GUI Android juga memiliki icon. Fungsinya sama seperti icon di GUI Windows, yaitu sebagai shortcut aplikasi yang terpasang di HP.

3. Notification

Komponen notifikasi di GUI Android berfungsi untuk menyampaikan informasi dari aplikasi yang terpasang. Untuk letaknya biasanya notifikasi ini ada di bagian Menu Bar.

Kelebihan dan Kekurangan pengunaan Graphical User Interface

1. Kelebihan

Walau telah dikembangkan dari tahun 1970, GUI adalah sistem yang tetap memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Educba menyampaikan bahwa kelebihan yang tentunya paling jelas dari GUI adalah kemudahannya dipahami.Karena menyederhanakan sistem komputer bagi semua orang, siapa pun bisa mengoperasikannya tanpa kesulitan yang berlebih.Selain itu, dengan adanya GUI, antarmuka aplikasi atau sistem operasi jadi lebih menarik.Pada akhirnya, interaksi apapun yang dilakukan pengguna dengan mesin menjadi lebih jelas.Tentunya, teknologi jadi lebih terbuka untuk diakses siapa pun.

2. Kekurangan

Salah satu kekurangan dari GUI adalah keterbatasan interaksi yang bisa dilakukan. Karena sudah bersifat pre-programmed, kita hanya bisa melakukan interaksi yang sudah ditentukan oleh developer. Fungsionalitas sebuah sistem yang sudah diatur sedemikian rupa tidak dapat diganti sesuai kebutuhan kita. Selain itu, GUI dinilai lebih lambat dibanding command-based interface dan membutuhkan penyimpanan yang lebih besar. Bagi pengguna, GUI tentu lebih mudah digunakan. Akan tetapi, developer harus bekerja ekstra untuk membuat desain dan mengimplementasi fungsi sistem agar bisa ditampilkan dengan GUI.

Sekian pembahasan mengenai Graphical User Interface Mulai penjelasannya, contoh komponen serta kelebihan dari adanya Graphical User Interface. Jika sekiranya ada yang kurang dipahami dari pembahasan di atas, silakan tanya saja ke saya bagian dari yang kurang dipahami tersebut. Bisa tulis ke komentar ya.

Semoga bermanfaat Arigato ^_^.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar