Perkembangan Komputer Grafik
Komputer Grafik merupakan ilmu komputer yang berkaitan
dengan visual secara digital. Bentuk sederhana dari Komputer Grafik ada yang
berupa 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, image processing, dan pattern
recognition. Di bawah ini merupakan bagian dari Komputer Grafik yang perlu kita
ketahui:
1.
Geometri, mempelajari cara menggambar permukaan bidang
2.
Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi
animasi
3.
Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek
cahaya
4.
Imaging, mempelajari cara pengambilan dan penyunting
gambar
Sejarah dan Perkembangan Komputer Grafik
Perkembangan Komputer Grafik di
bagi menjadi empat fase, yaitu:
1.
Fase Pertama, tahun 50an
Merupakan era Komputer
Grafik interaktif. Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan
tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan
untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena
cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman
otomatis telah berhasil dibuat.
2.
Fase kedua, dekade 60an
Pada fase ini Komputer
Grafik interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem
penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan
sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi
dengan menampilkan simulasi efek fisik.
3.
Fase ketiga, dekade 70an
Pada fase ini
sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya Komputer
Grafik interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan
mudah.
4.
Fase keempat, dekade 80an
Pada masa ini
Komputer Grafik sudah berkembang sangat pesat. penelitian fase ini bertumpu
pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan
pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
Perkembangan Komputer
Grafik menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak
sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan komputer Grafik, antara lain:
·
Antar Muka Pengguna (Graphic User Interface-GUI)
·
Perta (Cartogrphy)
·
Kesehatan
·
Perancangan objek (Computer Aided Design)
·
Sistem Multimedia
·
Presentasi Grafik
·
Presentasi Saintifik
·
Pemrosesan Citra
·
Simulasi
Format Gambar Pada Komputer Grafik
·
Gambar Vektor
Gambar vektor
adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer
grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap
posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu X dan Y dari bidang
kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan
atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi.
Contoh format gambar vektor adalah SVG.
·
Gambar Bitmap
Gambar bitmap
adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan
pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Contoh format gambar bitmap yang
sering dijumpai adalah GIF, JPEG,
BMP dan PNG.
Dampak Perkembangan Komputer Grafik Terhadap Manusia
·
Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah
konsep atau produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan
PowerPoint, mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll.
·
Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif,
seperti film, foto, dll.
·
Membantu banyak pekerjaan manusia secara visual, misalnya
dalam desain arsitektur sebuah rumah, pentunjuk jalan seperti peta, dll.
·
Perkembangan Komputer Grafik yang terkadang disalah
gunakan oleh manusia.
·
Sebagian orang yang selalu bergantung dengan adanya
Komputer Grafik.
·
Untuk pembuatan dan penggunaan Komputer Grafik bisa
terbilang memerlukan biaya yang cukup mahal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar